detikfood
Kamis, 29/03/2012 13:41 WIB

Orang yang Doyan Sambal Jantungnya Lebih Sehat

Fitria Rahmadianti - detikFood
thumbnail Foto: cookasianfood.com
Bagi sebagian orang, makan tanpa sambal rasanya kurang nikmat. Anda termasuk orang yang tak bisa hidup tanpa cabai? Ada kabar baik. Hobi mengonsumsi makanan pedas ternyata bikin jantung sehat lho!

Peneliti dari Chinese University of Hong Kong menemukan manfaat hebat cabai bagi kesehatan. Kandung capsaicinoid yang berperan dalam memberikan rasa 'panas' pada cabai disinyalir baik untuk jantung dan pembuluh darah.

Periset menggunakan hamster percobaan yang diberi makanan berkolesterol tinggi. Kemudian, tikus-tikus ini dibagi ke dalam dua kelompok. Hanya satu kelompok yang diberi makanan dengan tambahan capsaicinoid.

Dari percobaan ini terbukti bahwa senyawa pedas tersebut bisa menurunkan kadar kolesterol di tubuh hamster. Caranya adalah dengan meningkatkan kerusakan pada lemak jahat lalu membuangnya lewat feses. Capsaicinoid memblokir cyclooxygenase-2 yang membuat pembuluh arteri berkontraksi dan dapat menghalangi darah mengalir ke jantung.

Tak hanya itu, capsaicinoid juga mampu mengurangi lemak di pembuluh darah. Lemak ini dapat mempersempit arteri dan memicu penyakit jantung atau stroke. Cabai-cabaian juga bisa mengurangi risiko penggumpalan darah dan menurunkan tekanan darah.

Meski demikian, konsumsi cabai yang berlebihan juga tidak baik bagi kesehatan. “Makanan yang baik adalah makanan yang seimbang. Cabai bukanlah pengganti obat-obatan yang terbukti berkhasiat bagi penyakit tersebut, tapi lebih cocok jika disebut sebagai suplemen,” jelas ketua peneliti, Zhen-Yu Chen, Ph.D., seperti dikutip dari Science Daily.

(Odi/Odi)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).