detikfood
Kamis, 19/04/2012 11:29 WIB

Umino Seaweed, Nori Bermotif Bikin Sushi Jadi Cantik

Dyah Oktabriawatie Waluyani - detikFood
Susu, Keju dan Es Krim
  • Bonigrasa whey powder
  • DMine
  • Nichojess
Jamu
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
thumbnail Foto: creativity-online.com
Sushi biasanya digulung dengan nori. Lembaran yang renyah ini memperlezat rasa sushi. Warnanya hijau tua kehitaman dengan aroma laut yang sedap. Makin enak disandingkan dengan potongan ikan segar. Kini ada nori bermotif cantik lho!

Dalam upaya meningkatkan penjualannya setelah tsunami ditahun 2011, sebuah agen iklan di Jepang bernama I & S BBDO, berhasil menciptakan desain atau motif rumit pada nori. Pola ini dibuat dengan menggunakan alat laser yang dapat memotong sushi dan dibuat berdasarkan gabungan teknologi tinggi dengan tema tradisional Jepang.

Motif yang pertama dibuat yaitu, bunga sakura dan cangkang kura-kura. Gambar tersebut dibuat untuk melambangkan keberuntungan, kebahagiaan dan umur panjang. Desain ini baru saja menerima penghargaan dari kompetisi iklan di Asia.

Laser potong ini juga sudah mulai dipasarkan untuk mengembangkan inovasi dalam industri pembuatan sushi. Nori bermotif ini dinamakan Umino Seaweed dan biro iklan Jepang khusus membuatkannya untuk para penggemar sushi.

Meskipun dibuat dengan menggunakan teknologi canggih, tetapi desainnya tidak merusak warisan kebudayaan. Desain klasik ini dibuat dengan harapan positif untuk masa depan. Motif juga dibuat khusus oleh para desainer yang mengukir berbagai pola klasik Jepang pada nori.

Saat ini sudah ada lima desain yang sudah diperkenalkan yaitu, Sakura (bunga), Mizutama (air), Asanoha (rami), Kikkou (penyu), Kumikkou (kura-kura). Untuk selanjutnya para pendisain akan memperkenalkan motif baru lainnya kepada pemasok sushi.


(odi/dyh)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Must Read close