detikfood
Rabu, 25/04/2012 15:09 WIB

Rekor Nachos Seberat 2126 kg Dipecahkan di Kansas

Flora Febrianindya - detikFood
Bumbu-bumbu (Saos, Kecap, dll)
  • Unifood Kentucky Hot
  • Unifood Kentucky
  • Unifood Rempeyek
Obat-obatan
Minyak, Emulsi dan Lemak
thumbnail Foto: newsfeed.time.com
Menyantap sepiring nachos lezat memang menyenangkan. Namun bagaimana jika nachos yang tersaji panjangnya hingga 24 meter dengan berat 2126 kg? Wuih, nachos porsi besar ini harus dihabiskan ramai-ramai karena ukurannya yang jumbo!

Komunitas masyarakat dan sukarelawan di Lawrence, Kansas hari itu bahu membahu membuat hidangan nachos. Tak tanggung-tanggung, nachos ini dibuat dengan panjang, lebar dan berat yang luar biasa. Karenanya, Guinness Book of World Records mencatatnya sebagai nachos terbesar di dunia.

Karena ukurannya besar, tentu butuh bahan yang tak main-main jumlahnya. Untuk membuatnya, digunakan sekitar 771 kg daging dan keju, serta 272 kg tortilla chips. Hasilnya, nachos seberat 2126 kg inipun tercipta.

Nachos jumbo ini mengalahkan rekor sebelumnya. Pada tahun 2011 yang lalu, rekor nachos terbesar sempat dipecahkan dengan berat 1813 kg. Sayangnya, karena faktor cuaca, 907 kg dari jumlah keseluruhan nachos rusak.

Aksi membuat nachos ini dilakukan untuk menyumbang dana bagi sebuah badan sosial. LINK (Lawrence Interdenominational Nutrition Kitchen) akan menerima dana sumbangannya. LINK merupakan badan sosial yang memberi bantuan makanan bergizi pada masyarakat yang membutuhkan makanan.

Bagi masyarakat yang ingin mencicipi nachos yang memenangkan rekor ini, diminta memberikan sumbangan berupa uang ataupun makanan kaleng untuk LINK Kitchen. Perwakilan LINK mengatakan jika akhir-akhir ini donasi makin sedikit, dan acara ini bisa membuat keuangan mereka normal kembali.

(odi/dyh)


 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        

Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).