detikfood

Senin, 19/06/2017 17:14 WIB

Sabana Nasi Kapau: Lamak Nian! Gulai Tambusu dan Dendeng Renyah untuk Buka Puasa

Andi Annisa Dwi Rahmawati - detikFood
Sabana Nasi Kapau: Lamak Nian! Gulai Tambusu dan Dendeng Renyah untuk Buka Puasa Foto: Detikfood
Hari ini mau buka puasa dengan menu Minang? Mampirlah ke restoran ini. Ada gulai tambusu berkuah gurih yang menanti dilahap dengan nasi hangat!

Berdiri sejak 1988, Sabana Nasi Kapau di kawasan Melawai bisa jadi pilihan tempat buka puasa sedap mengenyangkan. Restoran ini menghadirkan puluhan aneka menu Minang lezat sebagai santapan.

Begitu kami dapat meja, piring-piring mungil berisi lauk langsung dihidangkan pegawai. Ada pilihan ayam bakar, udang balado, dendeng, paru, gulai tambusu, ayam pop, ayam goreng, rendang, daun singkong dan tentu saja sambal hijau.

Sabana Nasi Kapau: Lamak Nian! Gulai Tambusu dan Dendeng Renyah untuk Buka PuasaFoto: Detikfood

Wah! Rasanya air liur sudah menetes melihat lauk-lauk sedap ini. Kamipun memilih gulai tambusu (Rp 18.000), telur dadar (Rp 10.000) dan dendeng (Rp 18.000) sebagai teman menyantap nasi hangat. Tak ketinggalan rebusan daun singkong (Rp 15.000) dan sambal cabe ijo (Rp 9.000)

Tampilan gulai tambusu mirip potongan sosis melingkar. Kuahnya berwarna oranye pekat dengan jejak minyak terlihat di permukaannya. Panganan berupa usus sapi ini diisi campuran tahu dan telur di dalamnya.

Nyamm! Tambusu terasa empuk dan sedikit kenyal. Isian didalamnya menghadirkan tekstur kesat yang khas. Meski tak terlalu dominan, kami masih mencecap sedikit rasa tahu dan telur dalam balutan usus sapi nan tipis.

Sabana Nasi Kapau: Lamak Nian! Gulai Tambusu dan Dendeng Renyah untuk Buka PuasaFoto: detikFood

Tambusu berpadu enak dengan kuah oranyenya. Slurrpp! Kuah cair ini menghadirkan sentuhan rasa asam yang enak. Sedikit mirip asam padeh. Rasa asam rupanya berasal dari penggunaan cuka, menurut salah seorang pegawai.

Oia, meski tak disediakan, kami sengaja memesan telur dadar yang jadi favorit di sini. Karena dibuat berdasarkan pesanan, telurpun tersaji hangat.

Pantas saja telur dadar Sabana Nasi Kapau disukai. Teksturnya begitu tebal, fluffy dan rasa gurihnya pas. Semakin enak karena telur dadar juga dilengkapi potongan cabai dan tomat.

Sabana Nasi Kapau: Lamak Nian! Gulai Tambusu dan Dendeng Renyah untuk Buka PuasaFoto: Detikfood

Buka puasa kami makin lengkap dengan dendeng. Teksturnya tebal namun tidak keras sehingga tetap renyah dan garing. Sayangnya dendeng terasa asin kuat di lidah kami.

Daun singkong dan sambal cabe ijo jadi pelengkap nasi yang pas. Sambalnya terasa cukup pedas sehingga enak dicocol aneka lauk.

Nah, untuk segarkan tenggorokan, Es Teler (Rp 23.000) juga kami pesan. Dalam gelas lebar nampak kerokan alpukat, kelapa muda, cacahan nangka dan biji delima berendam dalam sirup susu. Slurrpp! Rasanya manis dengan sentuhan segar dari penggunaan buah-buahan. Cocok jadi minuman buka puasa!

Sabana Nasi Kapau: Lamak Nian! Gulai Tambusu dan Dendeng Renyah untuk Buka PuasaFoto: Detikfood

Kalau sore ini belum ada ide buka puasa, Restoran Sabana Nasi Kapau bisa jadi pilihan. Deretan lauk khas Minang yang lezat dijamin bikin buka puasa hari ini lebih istimewa.

Jangan lupa ikuti 'Scoopylicious' bersama New Honda Scoopy. Cukup foto makanan buka atau sahur dan unggah di Instagram dan Twitter. Tersedia hadiah total 10 juta Rupiah. Syarat dan ketentuannya ada DI SINI!

Restoran Sabana Nasi Kapau
Jl. Melawai Raya No. 21A, Melawai
Telepon: 021 7394038

(odi/adr)



Redaksi: redaksi[at]detikfood.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi sales[at]detik.com
Telepon 021-7941177 (ext.524).
Cari Tempat Makan
Must Read close